Mesin Pencari

Custom Search

Ads

Wednesday, January 09, 2008

PETUALANG DUNIA

MARCO POLO (1254-1324) adalah orang pertama sebagai traveller yang menjelajahi benua Eropa ke Tiongkok lalu kembali ke Venesia.

Ibnu Battutah orang mesir (14 juni 1325), mengikuti jejak markopolo, berangkat dari Tangier Afrika Utara menuju Mekah dan Madinah dalam usia 22 tahun. Perjalanannya dilakukan seorang diri, berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih 75.000 mil selama kurang lebih 7 tahun, dengan tanpa disadarinya perjalanan ini memperluas pengaruh budaya Islam. Ia disambut hangat oleh keluarga dan masyarakat Islam, dari sungai Gangga sampai Tanduk Mas (Golden Horn) dan Mombasa di selatan ke valqa di utara. Diantara orang-orang hitam di Mali dan orang-orang kuning bermata sipit di Tiongkok. Ia menyelesaikan petualangannya pada tanggal 3 Dzulhijjah 756 atau 9 Desember 1355 dan menyatakan sebagai berikut :







"It is plain to eny man of intelligence that this sheihk is the "traveller" of age, and of we were to say "the traveller for excellence of this our muslem community", he of no exaggeration"

Pangeran Hendry dari Portugal terkenal sebagai Prince Hendry The Navigator (1394-1460) banyak mendorong kemajuan dalam bidang cartography dan kelengkapan navigasi. Dia bukan pelaut sejati, namun dia pandai menunjuk perwira yang cakap dan mampu mengarungi lautan, dibawah lindungannya ia mengirim orang-orang partugis berlayar ke kepulauan Azores, Afrika dan Asia termasuk Indonesia. Di benua barat pada jamannya dikenal sebagai The Great Age of Discovery. Ia telah mengirim petualang-petualang tangguh pada abad XV diantaranya ia menunjuk Alfonso d'Albuquerque, Vasco da Gama dan Fernando de Magelhaens.
Kapten James Cook (1728-1779) seorang bangsa Inggris mengelilingi dunia (1768-1771), menjelajahi Hibrida Baru, Selendia Baru, Australia bagian timur. Dalam perjalanannya ia membuat peta perjalanan atau perlintasan venus.

No comments:

AddMe - Search Engine Optimization