Mesin Pencari

Custom Search

Ads

Saturday, November 27, 2010

Arung Jeram Garut



Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa Garut memiliki potensi wisata arung jeram yang sangat menantang dengan pemandangan yang sangat indah, tepatnya di dua sungai yaitu Cikandang dan Cimanuk.
Sungai cimanuk di Garut Jawa barat kini menjadi arena mengasyikan untuk para pecinta olah raga arung jeram, derasnya air sungai Cimanuk dirasa menantang bagi pemilik nyali dan pemberani olah raga air yang satu ini.
Bumi Batara
Lokasi Outbound Bumi Batara terletak di Kampung Batara Wetan – Desa Sukarame – Kabupaten Garut . Lokasi tepatnya masuk dari Padarek kurang lebih 1 Km . Lokasinya yang ada di pinggir sungai Cimanuk sangatlah ideal sebagai start point untuk kegiatan outbound Rafting khususnya. Lokasi ini sudah bertahun tahun dipakai sebagai start point kegiatan outbound rafting yang berakhir di Kota , jalan Rumah Sakit. Jarak tempuh kurang lebih 13 Km (+/- 3 jam pengarungan ) tergantung debit air. Untuk anda yang di Bandung jarak tempuh ke Bumi Batara hanya 90 menit , sedangkan dari Jakarta kurang lebih 4 jam . Mudah2 an idealisme kami mendapat dukungan semua pihak dan bisa memberi manfaat bagi masyarakat sekitar khususnya dan meningkatkan perkembangan pariwisata yang sedang digalakkan di Kabupaten Garut.






Salah satu aktivitas wisata yang ada di Kabupaten Garut berupa arung jeram sungai Cikandang yang terletak di Desa Sukamulya Kecamatan Pakenjeng. Objek wisata ini terletak 400 m di atas permukaan laut dengan konfigurasi umum lahan bergunung, berbukit dan berlembah. Panjang sungai yang sering dipakai sebagai daya tarik wisata arung jeram ini 28 km dengan lebar 5-8 m. Kualitas lingkungan dan kebersihan di sungai Cikandang ini tergolong baik karena kawasan wisata arung jeram ini masih sangat alami. Tingkat kemiringan lahan sungai agak curam dengan stabilitas dan daya serap tanah yang baik. Temperatur rata-rata berkisar antara 30-40?C dengan penyinaran matahan rata-rata tergolong terik dan terdapat pengaruh musim pada saat musim hujan air di sungai Cikandang sangat deras sehingga sangat baik untuk melakukan kegiatan wisata arung jeram, sedangkan pada saat musim kemarau menjadi surut sehingga kegiatan wisata arung jeram sulit dilakukan. Kekuatan tiupan angin tergolong tidak terlalu besar.
Perairan di sungai Cikandang berwarna hijau kecoklatan dengan bau dan temperatur air normal. Rata-rata tinggi arus di Sungai Cikandang 1-2 m, sehingga merupakan tantangan yang menantang dalam kegiatan arung jeram. Material dasar sungai berupa Lumpur, batu kali dan kerikil dengan tingkat kemiringan dasar sungai yang variatif, dari landai ke curam. serta jenis ground cover berupa tanah liat dan bebatuan. Sayangnya terdapat vandalisme yang dilakukan pengunjung dengan mencoret batu-batu di Sungai Cikandang. Flora tepi sungai yang dominan adalah pohon kelapa. kayu albasiah, bambu dan kayu hutan lainnya, sedangkan di sepanjang tepi sungai terdapat fauna seperti monyet dan beberapa jenis burung. Tingkat abrasi tergolong kecil namun pemah tejadi longsor di Desa Neglasan yang dilewati oleh sungai Cikandang. Tingkat visabilitas di kawasan ini bebas dikarenakan masih alami, dan tingkat kebisingan rendah.
Batas administrasi objek ini adalah sebagai berikut:
Utara : Kecamatan Pamulihan
Barat : Kecamatan Bungbulang
Selatan : Samudera Indonesia
Timur : Cisompet dan Cikajang
Sumber listrik di kawasan ini berasal dari PLN tegangan 220 volt dengan distribusi yang baik, dan air bersih di kawasan ini berasal dari sumur, mata air dan sungai dengan kualitas air yang jernih, tawar dan tidak berbau serta tidak adanya kendala dalam pemanfaatannya. Sistem pembuangan limbah pada umumnya menggunakan sungai, septictank dan sistem irigasi dengan kondisi yang baik. Terdapat hambatan berupa sulitnya atau jarangnya alat komunikasi di kawasan ini, dikarenakan belum terdapatnya saluran telepon dan terbatasnya alat komunikasi yang tersedia yaitu berupa handy talkie.
Aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan ini antara lain” arung jeram dan menikrnati pemandangan sungai. Asal wisatawan nusantara yang sering melakukan kegiatan arum jeram di kawasan ini berasal dari Garut, Bandung, Jakarta dan Bogor.
Aspek legalitas dan kebijakan objek wisata ini masih dalam proses pengaturan di tingkat Pemda Kabupaten Garut, sedangkan pengelolaan dilakukan oleil pemerintah daerah dan pihak swasta. Sejauh ini apabila ingin melakukan kegiatan arung jeram di sungai Cikandang_ini pengunjung tidak dipungut biaya, pengunjung cukup meminta ijin ke Kecamatan Pekenjeng.
Aspek Khusus
Di Kecamatan Pakenjeng belum terdapat sarana akomodasi, rumah makan ataupun fasilitas-fasilitas wisata lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan makan-minum wisatawan hanya tersedia beberapa warung kecil. Apabita pengunjung ingin bermalam dapat menggunakan fasilitas akomodasi terdekat yang terletak di Kecamatan Pameungpeuk demiklan pula halnya dengan fasilitas rumah makan.
Aksesibilitas Menuju Objek
Objek ini bejarak 36 km dari pusat pemerintahan kecamatan, dan alat transportasi yang dapat dipakai untuk mencapai objek ini selain kendaraan pribadi adalah mikro bus jurusan Garut Pameungpeuk.
Kecamatan Pakenjeng ini memiliki jalan propinsi sepanjang 25 km, jalan Kabupaten sepanjang 17 km dan jalan desa 126 km.

No comments:

AddMe - Search Engine Optimization